Selasa, 09 Juni 2015

Dennis Reader BTK Killer ( Pembunuhan Berantai )


Dennis Reader BTK Killer ( Pembunuhan Berantai )


The BTK Killer” atau “The BTK Strangler“. “BTK” merupakan singkatan dari “Bind, Torture, Kill“, yang merupakan ciri khas dari tindak kejahatannya. Rader mengirimkan surat berisi detail pembunuhan kepada polisi dan kator berita lokal pada periode kejahatannya.

Dennis Lynn Rader, lahir pada tanggal 9 Maret 1945 adalah seorang pembunuh berantai asal Amerika yang telah membunuh 10 orang di Sedgwick County di Wichita, Kansas dan sekitarnya pada rentang 1974 sampai 1991.




korban BTK umumnya berjenis kelamin perempuan dengan rentang usia yang yang berbeda=beda dari gadis sampai dengan wanita dewasa, ia selalu memberikan label pada korbannya, dalam aksinya BTK selalu meningalkan petunjuk dengan melalukan komunikasi yang teratur dengan meningalkan pesan-pesan samar di tiap kolom kolom surat kabar dengan mengunakan lambing atau logo yang selalu ia gunakan, karna ini lah dia mulai di kenal dengan nama BTK atau “The BTK Killer”

Setelah lama berhenti di tahun 1990-an sampai awal 2000-an, Rader kembali melanjutkan aksinya mengirim surat di 2004, dengan melakukan beragam aksi-aksi dari pemberian petunjuk pada kepolisian dengan berbagai cara dari pengiriman review,petunjuk-petunjuk dokumen masalah pembunuhan pertamanya yang dia kaitkan dengan boneka anak kecil,dan kardus sereal yang ia selipkan dokumen-dokumen para korbannya,samapai pada suatu saat itu ia melakukan kesalahan fatal dengan membawa disk tersebut ke sebuah gereja untuk mencetak dokumen di dalam disk karena printer di rumah Rader sedang rusak. 


Rader meminta izin untuk mencetak dokumen kepada pastur, dengan mengatakan bahwa dia memiliki agenda untuk rapat dewan gereja. Oleh karenanya, sang kepala gereja memasukkan disk tersebut ke salah satu komputer. Tidak ada yang menyadari bahwa tindakan tersebut ternyata bisa menjadi awal tertangkapnya BTK.

Menjelang penangkapan BTK ia meninggalkan pesan dan simbol di sekitar wilayah Wichita , di salah satu komunikasi , ia meminta polisi jika ia mengirim floppy disk di akan mereka dapat menggunakannya untuk melacaknya . Tanggapan polisi untuk pertanyaan ini itu akan aman baginya untuk berkomunikasi dengan mereka dengan cara ini . Setelah jawaban ini Dennis Rader pembunuh BTK dikirim dalam amplop berlapis untuk sebuah stasiun TV di Wichita yang berisi 1.44Mb floppy disk Memorex ungu, Ketika floppy disk tiba di kantor polisi pengambilan data komputer atau departemen forensik memeriksa disk drive komputer untuk dokumen dihapus dan menemukan dokumen kata Microsoft bahwa pikiran BTK telah dihapus untuk selamanya . Dokumen Microsoft word diperiksa untuk metadata dan ditemukan untuk menunjuk ke komputer yang diadakan di Gereja Christ Lutheran yang memiliki nama Dennis sebagai editor terakhir dari dokumen computer.



Pencarian sederhana di internet menampilkan website Gereja “Christ Lutheran” dengan Dennis Rader sebagai ketua jemaat. Polisi mengenali Rader sebagai petugas di perpustakaan “Park City” dan berhasil mendapatkan alamat Rader. Polisi kemudian berkendara melewati rumah Rader dan melihat sebuah Jeep Grand Cherokee warna hitam yang ternyata diregister atas nama anaknya, Brian..

Dari sanalah akhirnya jaksa meminta sampel jaringan hasil pap smear Kerri, anak perempuan Rader, dari klinik mahasiswa dekat Kansas State University di Manhattan, di mana Kerri bersekolah 5 tahun sebelumnya. Tes DNA pada sampel tersebut menunjukkan bahwa DNA BTK yang didapat dari TKP memiliki kesamaan dengan DNA Kerri Rader, Dan berakhir pada penangkapannya di 2005 dan sedang menjalani hukuman pidana di El Dorado Correctional Facility, Kansas, Amerika.



Daftar korban pembunuhan berantai :













Kesimpulan pada kasus ini peran forensic digital cukup sangat membantu,berawal dari petunjuk yang tampa sengaja Pelaku tingalkan pada Floppy disk,yang ia gunakan pada salah satu gereja tempat ia berkerja,sehingga membuat satu terobosanoleh para penyidik kepolisian sebagai awal petunjuk untuk mencari Pelaku pembunuhan tersebut.



Sumber:


·         http://en.wikipedia.org/wiki/Dennis_Rader
·         http://www.biography.com/people/dennis-rader-241487#arrest-and-imprisonment

Share this

0 Comment to "Dennis Reader BTK Killer ( Pembunuhan Berantai )"

Posting Komentar