Minggu, 07 Juni 2015

Locard's Exchange Principle

Locard's Exchange Principle

“Every contact leaves a trace”, setiap kontak akan selalu meningalkan jejak, konsep ini sangat sangat tidak asing di telinga para penyidik yang mana selalu di jadi kan acuan dasar atau sebuah metode  dalam  bidang forensik.
Locard Exchange Principle Atau biasanya di singkat dengan sebutan LEP  adalah sebuah  metodologi yang dipopulerkan dan dikembangkan oleh seorang Ilmuan muda Kepolisian di bidang Forensics Dr Edmon Locard (1877 – 1966). Salah satunya metode yang paling sering di gunakan di yaitu “Every contact leaves a trace”, bahwa pada dasarnya setiap kejahatan yang terjadi pasti memiliki kontak baik secara langsung maupun tidak langsung dan pasti meninggalkan jejak.

Penerpan metode ini telah banyak di terapkan dalam beberapa bidang forensik,baik di forensik kedokteran,yang mana dapat menemukan bukti kekerasan dengan melalukan beberpa proses visum, dalam bidang Toksikologi Forensik yang mencari bukti-bukti  efek kerja berbahaya zat kimia (racun) terhadap mekanisme biologi.  dan bahkan dalam Digital forensic  yang mana merupakan salah satu bidang forensik yang di katakana paling muda jika di banding dengan beberpa ilmu forensik lainnya.
Contoh penerapan metode Locard exchange pada Forensik digital ,beberpa kasus korupsi dengan cara mengkauisisi data pengeluaran atau pembukuan pada computer maupun hardisk yang bersangkutan, atau Menyelediki kasus pembobolan bank dengan melihat traffic transaksi yang terjadi.
Pentingnya upaya  pencarian barang bukti sangatlah penting guna membantu proses penyelidikan sebuah  kasus, karna dengan bukti yang outentik dapat menghasilkan informasi  valid.

Dr Edmon Locard "Bukti fisik tidak bisa salah, tidak bisa bersumpah palsu, dan tidak sepenuhnnya tidak ada. Hanya kegagalan manusia untuk menemukannya, mempelajari dan memahaminya, yang dapat mengurangi nilainya."

Sumber :
  1. Eoghan Casey, HANDBOOK OF COMPUTER CRIME INVESTIGATION FORENSIC TOOLS AND TECHNOLOGY
  2. Eoghan Casey, Handbook of Digital Forensics and Investigation
  3. http://www.forensicmag.com/articles/2011/12/digital-forensics-cyber-exchange-principle
  4. http://www.thetruthaboutforensicscience.com/the-locard-exchange-principle-in-forensic-science-the-real-itouch/

Share this

0 Comment to "Locard's Exchange Principle"

Posting Komentar