Minggu, 16 Agustus 2015

Recovery data

Pentingnya data sangat mempengaruhi intesitas suatu kegiatan kususnya dalam sebuah pekerjaan,data  merupakan kumpulan file file penting yang berisiskan berbgai macam hal yang menyakut pekerjaan dan sebgainya, dalam digital forensics data juga merupakan salah barang bukti yang sangat membantu dalam penyelesaikan suatu kasus, dengan melihat alur data-maupun file-file yang berupa document text (word,exel.dll ) gambar, video dan lain-lain, seorang penyidik dapat terbantukan dalam membongkar teka teki yang terdapat dalam suatu kasus.
Beberapa pelaku kejahatan mengunakan bermacam macam usaha untuk menghilang kan barang bukti yang mereka lakukan, dengan menghapus file file dalam computer mereka, mereka dapat dengan mudah menghapus barang bukti dari tindak kejahan yang mereka lakukan.
Berikut beberpa tool yang dapat digunakan untuk mengembalikan file-file yang telah terhapus maupun terformat Antara alain :

1. Recuva
Recuva merupakan software gratis terbaik untuk merecovery data, Recuva bisa mengembalikan data dari hardisk, hardisk eksternal, Flashdisk, CD/DVD/BD dan juga memory card. Recuva juga bisa merecovery file dari iPod!
Recuva sudah support Windows 8, 7, Vista, XP, Server 2008/2003 dan Windows versi sebelumnya seperti 2000, NT, ME dan 98. Windows versi 64 bit juga sudah disupport.
Mengembalikan data yang terhapus sangat mudah sepertinya halnya menghapus data. Direkomendasikan untuk menggunakan software ini untuk merecovery file anda.
2. Puran File Recovery
Merupakan software recovery yang cukup bagus. Sangat mudah untuk digunakan, akan memindai hardisk di Windows dan juga beberapa fitur tambahan.
Puran recovery akan mendeteksi lebih banyak file yang dapat direcovery – menjadikannya alternatif yang tepat jika tidak berhasil menggunakan Recuva. Juga bisa merecovery partisi yang hilang seandainya belum ditimpa format partisinya.
3. GLARY UNDELETE
Glary Undelete  Penggunaannya yang mudah dan memiliki tampilan yang menarik.
Salah satu kelebihannya adalah memiliki tampilan folder seperti Windows Explorer dan keterangan mengenai file yang dapat direcovery.
Kekurangannya adalah Glary Undelete harus terlebih dahulu diinstal untuk dapat digunakan (tanpa versi portable) dan menyertakan toolbar yang ikut terinstal, yang tentu bisa ditolak. Selebihnya program ini cukup handal.
4. PANDORA RECOVERY 
Pandora Recovery juga salah satu aplikasi recovery yang bagus. Mudah digunakan dan menyertakan mode wizard yang membantu dalam memilih data yang akan direcovery.
Fitur yang lebih canggih adalah “Surface Scan” yang tersedia di Pandora Recovery yang memungkinkan untuk merecovery data lebih banyak lagi.
Pandora Recovery bisa digunakan pada media hardisk, memory card, flashdisk dan media lainnya selama bisa terkoneksi ke komputer pc.
Sama seperti Glary Undelete, software ini juga mengharuskan anda untuk menginstalnya terlebih dahulu.
5. SOFTPERFECT FILE RECOVERY

Merupakan aplikasi yang cukup handal untuk mengembalikan data yang terhapus. Dengan tampilan yang mudah dalam melakukan pencarian data, siapapun bisa mengoperasikannya dengan mudah.
SoftPerfect File Recovery akan merecovery data dari hardisk, memori card dan media lainnya yang tersimpan di komputer pc juga dari CD/DVD drive, SoftPerfect File Recovery berukuran sangat kecil, hanya 500 Kb, aplikasi standalone yang portable. Bisa dijalankan dari flashdisk maupun dari CD drive.

Kali ini saya akan mencoba membahas salah satu apliksi, yang di gunakan untuk mengembalikan data atau recovery data,aplikasi yang di gunakan Adalah Recuva seperti penjelasan sebelumnya recuva merupakan salah satu aplikasi recovery yang cukup banyak di minati pengguna ,karna kemudahan serta fitur yang di berikannya, berikut cara mengembalikan data/ Recovery data mengunakan Aplikasi Recuva.
Recuva dapat di gunakan untuk merecovery data baik flashdisk,hardisk dan lain-lain, di sini sample yang ambil untuk di recovery adalah data yang ber ada di document windows 7



Data di document ini kemudian akan di hapus, untuk di lakukan prosses recovery menggunakan aplikasi Recuva, pertama-tama buka aplikasi tersebut dan pilih / klik next, kemudian akan muncul beberapa option seperti pada gambar di bawah


Pemilihan nya tergantung  kebutuhan pengguna, disini opsion yang akan di pilih adalah “All file” maksunya dalah mengembalikan semua jenis data yang telah di hapus,( dan juga dapat di gunakan pada flash maupun hardisk apabila terformat

Kemudian pilih location yang lebih spesifik untuk di lakukan prosses recovery, karna sebelumnya file yang telah di hapus berada pada document pada Drive E, maka location yang di pilih adalah pada drive E: public document., Setelah pilih Start untuk memulai prosses Recovery.




Selanjutnya tunggu hingga prosses selesai.


Setelah prosses selesai, pilih file document yang ingin di kembalikan dan kemudian klik icon Recover.


selanjutnya pilih dimana data atau file akan di recover akan di simapan, di saini saya akan mencoba menempatkannya padah Drive E:. kemudian klik OK dan prosser recovery pun selesai.






https://en.wikipedia.org/wiki/Data_recovery

Ahmad yani, 2005, Data Recovery (Teknik Menyimpan & Menyelamatkan Data Komputer)

Share this

0 Comment to " "

Posting Komentar